Ied Di Lereng Sumbing

22 05 2009

100_4045

Indah saat memandangnya, tinggi besar saat berada dibawahnya, sungguh indah bila berada di desa itu, hijaunya dedaunan yang mengelilingi seluruh padang kebun sangatlah menyejukan mata, sejuknya udara yang membersihkan paru-paru penuh dengan kotoran dan debu yang masuk entah darimana, dan dinginnya angin yang menusuk seluruh rongga seakan-akan menghilangkan semua rasa penat yang ada dalam tubuh dan jiwa. Keramahan penduduk membuat bibir selalu tersenyum dan kepalapun harus menganguk, itulah lereng sumbing, keindahan nya, ke sejukan nya, ke ramahan nya, kan selalu terbayang dalam hati dan diri. Sumbing salah satu gunung yang berada di wilayah provinsi jawa tengah tepatnya di kabupaten Magelang tak terbayangkan keindahanya.

Langkah kaki berjalan melewati jalan setapak, tuk menuju lapang yang luas, di setiap jalan terbesit senyum keceriaan, terlihat muka keramahan yang ada pada setiap wajah penduduk desa itu, langkah semakin pelan saat tanah lapang yang luas mulai terlihat dan kerumunan orang sudah terlihat duduk diatas tikar yang berada di tanah lapang itu, semakin dekat langkahpun terhenti, lepaskan alas kaki duduklah diatas tikar itu, itulah yang aku lakukan saat ku akan menjalankan sholat idul adha tahun lalu. Saat duduk ku tundukan wajahku, hingga aku angkat wajahku tuk menatap kedepan, subahanallah sengguh indah, sungguh megah, ku melihat setumpuk tanah yang menjulang ke atas melihat kan kegagahannya, aku melihat gunung yang begitu megah sangat besar seakan-akan akulah yang teramat kecil dibawahnya, dan kapanpun bisa tertimpanya, sungguh indah ciptaanMu, sehingga aku mampu tersenyum lebar dibuatnya.

Saat khotib mulai menaiki mimbar aku mulai menundukan wajahku kembali, aku tak mendengarkan khotib menyampaikan ilmu yang ia berikan, entah yang aku lakukan itu benar atau salah, karena yang aku lakukan ialah memikirakn diriku yang begitu kecil dan tak berdaya apabila saat itu juga gundukan tanah itu menimpaku dan menguburku hidup-hidup aku takan mampu kemana-mana dan aku tak mampu berlari menghindarinya kuserahkan semua kepadaMu. Tak terasa aku terdiam dalam lamunanku waktu sholat pun telah tiba, imam mulai mengucap Takbir menyebut keagungan Tuhan yang maha segala-galanya semua jamaah pun mengikutinya, hingga waktu sujud dilakukan jamaah masih setia mengikutinya, tak terkecuali aku yang menangis didalam hati saat aku melakukan satu gerakan yang di sebut sujud, hatiku menangis saat aku bersujud menghadapMu, aku datang padaMu, aku datang tuk menemuiMu.

Sholat ied telah usai langkah kembali mnyusuri jalan setapak yang tak ber aspal itu, dalam setiap perjalanan pulang ke posko ku, aku masih terus memandang kearah gunung itu sambil terus terbawa oleh lamunanku atas apa yang telah aku lakukan pagi itu, aku baru saja menghadapNya, aku baru saja bersujud kepadaNya, bersujud di bawah keindahan,dan ke agungan Nya. Sujudku di bawah gunung yang besar itu menyadarkan aku, tuk selalu ingat bahwa diriku sangatlah kecil tak pantaslah aku membusungkan dada dan bangga akan semua yang ku lakukan, karena belum pantas aku tuk di banggakan. Apakah kalian sudah pantas tuk di banggakan? Tanyakanlah pada diri kalian sendri para sahabatku……..

Cerita ini teringat pada idul adha tahun lalu saat aku melaksanakan study (KKN) di desa prampelan. ku ucapkan banyak terima kasih untuk desa lereng gunung sumbing, yaitu desa prampelan, keindahanmu telah mengingatkanku bahwa begitu kerdilnya diri ini. Aku kan selalu merindukanmu.
100_3030


Actions

Information

4 responses

23 05 2009
masoglek

betapa indahnya bersujud kepada Yang Kuasa dengan suasana seperti itu

13 06 2009
Joko Susilo

Koleksi Foto Masjid Eropa Yang Luar Biasa

Berada di benua eropa, Islam tetap tumbuh dan berkembang di kawasan itu.
Walaupun menjadi Minoritas Di Kawasan Eropa, Umat Muslim tetap memiliki
Masjid – Masjid yang luar biasa dengan corak arsitektur yang berbeda dengan
Masjid pada umumnya di Kawasan Timur Tengah maupun Asia.
Berikut ini koleksi Foto Masjid yang berada di Inggris, Belanda, Belgia, Perancis,
Spanyol dan Italia.
Dapat di Download di http://www.ziddu.com/download/5155299/Koleksi_Foto_Masjid2_Eropa.zip.html

29 01 2010
habib HE

salam kenal saya orang prampelan…………..

8 04 2012
lucky

indah nuansa desaku,…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: