Mari Lestarikan Budaya Kita

9 09 2009

Malam telah menunjukan gelapnya suara gamelan pun telah mendayu-ndayu memecah kesunyian. Alur cerita pun mulai di pertontonkan semakin larut semakin seru cerita yang tengah di perlihatakan, terlihat seorang kesatria yang tampak gagah keluar siap melawan keangkara murkaan yang ada di bumi, dia mencabik musuh-musuh yang datang tuk mengacaukan kebaikan yang ada di dunia ini, itulah yang kulihat dulu pada waktu masa kecilku yang sebenarnya akupun tak tahu pasti apa isi sesungguhnya dari cerita itu, tapi yang jelas saat aku melihat pertunjukan itu aku mampu menangkap satu makna bahwa segala kejahatan yang dilakukan pasti mampu terkalahkan. Itulah pertunjukan wayang kulit yang mungkin dulu sangat sering kita jumpai.

Lambat laun waktu telah menelan pertunjukan itu, hingga jarang sekali kita mampu mejumpai satu pertunjukan itu saat kini. Entah kita memang sudah menganggap pertunjukan itu kuno atau karena kita sudah enggan melihat warisan budaya kita sendiri, saat kini khususnya remaja bila melihat pertunjukan seperti itu rata-rata akan mengatakan sudah ketinggalan jaman, mereka mengatakan kuno, mereka lebih suka duduk di bangku 21 yang empuk bersama pasangannya.

Sebenaranya telah pergi kemana mereka, tak lagi mau meliahat budayanya yang lambat laun semakin menghilang entah kemana, seharusnya kita yang merasa berjiwa muda mampu menghidupkan lagi warna budaya yang kita miliki, jangan malah semakin menjauhi apa yang telah kita miliki. sahabat marilah lestarikan budaya kita, jangan tinggalkan, jangan pernah lupakan, dan jangan biarkan bangsa lain mencuri kebudayaan kita lagi, paling tidak dengan melihat ini…..

Salah satu cuplikan pagelaran wayang kulit, Ki. Dalang Bayu Aji Pamungkas, Dengan Cerita Kurowo Nyadong,
kalo ngeliat sampai selesai jangan ketawa sendiri ya, takut di kira ……….


Actions

Information

15 responses

9 09 2009
kawanlama95

saya juga jarang nonton budaya tradisional kita .kalo ada didekat rumahku aku pengen nonton dah

20 01 2010
pernikahan adat

Begitu indah dan kaya Indonesia ini, mari bersama kita lestarikan budaya kita,, salam kenal dari Pernikahan Adat Di Indonesia

9 09 2009
ceuceusovi

dulu..masih ada tv yang menyiarkan wayang kulit dan wayang golek ya..sekarang ngga lagi.
saya sendiri belum pernah nonton wayang kulit karena bahasa pengantarnya Bahasa Jawa, saya ngga ngerti.. tapi pertunjukan wayang golek (sunda) masih saya tonton. Sebenarnya wayang kulit dan golek memiliki nilai budaya yang sangat tinggi karena dulunya wayang dijadikan media untuk menyebarkan agama islam, berdakwah dan mengajarkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan.. dan sayangnya terakhir pertunjukkan wayang golek yang saya tonton tidak/kurang membawa misi ini..lebih banyak humor dan cerita ringan saja..🙂

9 09 2009
Zippy

Duh, saya tersungging nih, xiixixxi….
Tapi emang bener, udah jarang yang masih mw melestarikan budaya Indonesia….
Mungkin termasuk gue, huhuhu…..

9 09 2009
Angga Franniko

Setujuu… adalah tugas kita sebagai generasi muda untuk tetap menjaga dan melestarikan budaya INDONESIA….!!😀

10 09 2009
wigati

hehehe…udah ada mobil&motor, jangan2 nanti werkudara udah pake HP+laptop buat ngubungin gatotkaca ya mas😀
wayang tuh luwes ya ternyata, keren.

10 09 2009
chrysanti

weh.. jadi inget saya diwawancara MTV gara2 dateng ke museum wayang TMII..😛

10 09 2009
Yessi

hai salam kenal ya…
pecinta budaya ya? salut😉

10 09 2009
sakurata

Untuk yang satu ini setuju !! Tapi jangan yang budaya korupsi ya, hehehe
Korupsi itu katanya budaya ya?:mrgreen:

10 09 2009
Zulhaq

kita harus bangga dengan buadaya yang kaya di negeri ini. dan sepatasnya kita menjaga serta merawatnya🙂

10 09 2009
genial♂

sampe pagiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii.. lohhh.. ko’ cuma 9mnt?!?!?

11 09 2009
didta

yuk mari

12 09 2009
KangBoed

Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabatku terchayaaaaaank
I Love U fuuullllllllllllllll

12 09 2009
KangBoed

dukuuuuuuuuuuuuuuung

12 10 2009
dony

setuju sangat heha………..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: