Tak Lagi Aktif Hingga Ada Yang Lupa

28 02 2014

Awal tahun 2014 aku mulai kembali menulis di blog ini, hasrat menulis yang kembali datang membuatku kembali bersamangat untuk menuangkan apa yang ada di kepala dan sekelolongku. Dengan kembalinya semangat menulis di blog aku pun mencoba kembali mengunjungi alamat – alamat yang tercantum di blogroll blog ini.

Setelah menengok blog sahabat – shabat bloger ku saya merasa sedikit sedih karena banyak blog yang terbengkalai seolah tak berpenghuni, meski masih ada yang sering apdet sih, tapi yang alamat blog yang ada di blogroll ku banyak juga yang udah lama blognya gak ada tulisan terbaru bahkan ada beberapa blog yang alamatnya sudah mati, entah memang mereka sudah ganti alamat baru atau memang bolgnya sudah di biarkan mati.

Tapi ada sebuah kejadian lucu, waktu saya mengunjungi salah satu blog sahabat yang kebetulan dia masih aktif menulis, setelah selang dua hari dia mengunjungi balik ke blog ini, dan dia pun meninggalkan jejak di kolom komentar sambil berucap ” salam kenal ” aiiiih…. Dalam hatipun aku bergumam ” kita dulu selalu mengunjungi blog masing – masing dan selalu saling menyapa. Terasa lucu, tapi memang mungkin karena begitu lama aku tak menjamah blog ini hingga sahabat – sahabat blog ku sudah lupa dengan blog polos ini.

Yang jelas saya ucapkan banyak terimakasih untuk sahabat yang masih bersedia mengunjungi blog yang polos ini, Insya Alloh saya akan berusaha terus untuk bisa menghadirkan tulisan – tulisan di dalam blog ini.
“Salam Semangat Ngeblog “





Senyum 2000

27 02 2014

Dua Ribu Rupiah, Uang jumlah ini memang seoalah sudah tak ada nilainya, paling mentok – mentok bakal buat bayar parkir, ketika kita meninggalkan motor atau mobil di tempat parkiran. Tapi sesungguhnya dengan uang Dua Ribu sebenarnya banyak tersimpan kebaikan di dalamnya, Dengan Dua Ribu Rupiah kita mampu mendapatkan tawa bahkan sampai mendapat do’a.

Gak percaya ? Baik sekarang kita buktikan atas apa yang pernah saya lakukan hingga saya mampu mendapat beberapa kebaikan dengan uang yang berjumlah Rp 2000, salah satu contoh baru saja tadi sore seperti biasa saya berkumpul dan bercanda dengan sepupu – sepupu saya yang masih kecil, waktu saya akan kembali pulang saya akan mengambil kunci motor di saku saya dan ternyata terselip selembar uang Dua Ribu, dengan reflek saya kasihkan uang itu ke sepupu saya sambil berucap ” nih buat beli jajan ” tak kusangka expresi bahagia yang kulihat di raut wajah sepupuku, sambil tertawa dia berucap ” makasih mas ” dan seketika ku bergumam dalam hati, kudapat kebahagiaan di sore ini.

Kisah lain di siang hari, terik panas membakar kulit dan aku tengah duduk di depan kontrakan kecil, tiba – tiba datang seorang nenek tua yang penuh guyuran keringat di sekujur tubuh, berjalan tertatih menandakan tubuh letih. Dia datang menghampiri dan menyapaku yang tengah termenung sendiri. ” Sugeng Siang Mas, ngapunten sederenge nek kulo ngganggu kulo teng mriki bade nyuwun sekedik rejekine panjenengan bilih wonten ” begitulah ucapan nenek itu yang kurang lebih artinya seperti ini ” Selamat siang mas, maaf sebelumnya kalau saya mengganggu saya kesini mau minta sediki rizkinya anda bila ada “. Dan secara sepontan karena ku melihat kesopanan dan wajah lelahnya maka saya ambilkan uang Rp 2000 yang ada di kantongku. Tak kusangka tak kuduga dia mengucapakan banyak do’a untuk di lontarkan untuku sambil menyalami kamipun terjongkok dengan penuh do’a. Entah berapa menit saya dalam posisi seperti itu, yang jelas dia mengucapkan banyak sekali do’a untuku, yang membuat saya heran. karena biasanya bila saya memberi kepada orang yang meminta – minta hanya ucapan terimakasih yang terlontar, misalkan mendo’akan juga hanya sekenanya. Tapi yang jelas waktu itu saya tersenyum bahagia karena mendapat begitu banyak do’a dengan selembar Rupiah Dua Ribu.





Kertas

12 02 2014

Selembar ketas putih
Hadir tak bernoda permukaannya.
Berhari, bulan, hingga tahun.
Terlihat sudah goresan pena.

Kadang tersusun kata yang rapi.
Kadang tak teratur penuh noda.
Lusuh, kucal, tak lagi putih.
Sebagai gambaran jiwa yang pedih.

Mungkinkah noda bisa terhapus?
Mungkin tidak jika pupus.
Saatnya lanjut ke lembar baru.
Tuk lanjutkan kebaikan di catatanku.





Kenalilah Bicaralah

8 02 2014

Saat ada sebuah pertanyaan, siapa sih kamu? Sepontan akan saya jawab, aku bukan orang yang baik karena saya memang tidak bisa menilai diri sendiri sebagai seorang yang baik, banyak kekurangan dan keburukan yang masih sering saya lakukan.

Dan saat ada sebuah pertanyaan, seperti apakah kamu? Sepontan akan saya jawab, lihat sendiri penampilan ku, karena katanya sifat dan sikap seseorang dapat di lihat dari penampilan, baik dalam berpakaian, pekerjaan, dan tindakan. Tapi tak akan kau dapatkan nilai Plus dalam diriku.

Dari jawaban atas dua pertanyaan yang ada, dapat kamu simpulkan, jika kau melihatku tak akan ada sisi baik dalam diriku. Saya yakin itu.
Tapi cobalah jangan sekedar melihat diriku. Kenalilah, Bicaralah, mungkin masih ada setitik kebaikan dalam hatiku.

*Salam Sahabat*





Mari Berbagi

3 02 2014

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki . Dan Allah maha luas (kurnia-Nya) lagi maha mengetahui” . (Al Baqarah (2) : 261)

Dari penggalan ayat tersebut dapat di simpulkan bahwasannya takan ada ruginya kita saling berbagi dengan orang – orang yang membutuhkan, bayangkan bila kita sering berbagi dengan orang – orang yang membutuhkan berapa banyak keuntungan yang di dapatkan. Memang balasan terkadang tak datang di hari itu juga tapi kadang waktu Yang akan datang kita secara tak sadar akan mendapat keuntungan yang telah di janjikan. Tapi pada saat seperti itulah kadang kita dapat melupakan rasa syukur terhadap Alloh S.W.T,

Jadi mari jangan ragu bersedekah, berbagi sedikit kebahagiaan bersama. Dengan ke ikhlasan dan rasa syukur kepada Alloh S.W.T Insya Alloh akan di mudahkan pintu Rizki bagi orang – orang yang gemar bersedekah.
* Amiiiiinnnn… *
Selamat Siang Selamat Beraktifitas *





Ngobrol Sejarah

25 01 2014

Selamat malam kawan,
Soal sejarah, di indonesia sangatlah kaya akan sebuah sejarah, mulai dari masa purba, kerajaan hingga masa reformasi juga udah masuk ke sejarah kali ya? *nggak yakin*. Hehehe….

Ngomong – ngomong soal sejarah saya ingin berbagi cerita masalah sejarah yang ada di daerah tempat tinggal saya Desa sempor, Kabupaten Kebumen. Sebenernya ini gara – gara tadi siang setelah gempa 6,2SR yang berpusat di laut selatan kab. Kebumen saya jadi ngobrol sejarah bareng bapak saya.

Awal mula ngobrolin gempa trus menjalar ngobrolin waduk sempor yang berada di dataran tinggi desa sempor lebih tepat posisinya berada di sebelah atas rumah saya. Dan kabar terkini entah itu isu atau benar bahwa waduk sempor mulai mengalami keretakan, makannya kalo ada gempa kayak tadi siang jadi parno sob, takut jebol se waktu – waktu.

Menurut cerita dari bapak saya waduk sempor dulunya adalah sebuah pemukiman penduduk yang kemudian di bangun menjadi sebuah bendungan. Menurut cerita waduk tersebut ada juga sudah ada prediksi dari orang – orang dulu cuma menggunakan istilah yang sedikit menggelitik menggunakan bahasa jawa di antaranya adalah ” iwak sepat mangan wit krambil ” yang artinya ( ikan sepat makan pohon kelapa ) dan hal tersebut jika di nalarkan dengan kenyataan maka akan memiliki arti bahwa pemukiman yang banyak pohon kelapanya akan di penuhi oleh air dan akan terdapat banyak ikan yang mencari makan di dalamnya. Seperti keadaan sekarang pemukiman tersebut sudah menjadi sebuah waduk yang terdapat banyak ikan di dalamnya.

Jujur saya kadang geli bila mendengar cerita – cerita seperti itu tapi pada kenyataannya bila di hubungkan dengan pengartian yg tepat maka ungkapan seperti itu emang terjadi dan tepat. Sebenarnya banyak cerita – cerita sejarah lagi di. Daerah saya ini, ada juga cerita tentang peperangan antara tokoh ramayana Werkudara dan Suyudana yang saling melempar batu dalam peperangan yang pada akhirnya di ceritakan Suyudana lah yang mengalami kekalahan. Makanya di daerah sempor terdapat bukit yang berbatu sangat besar yang di namakan batu kedoya ceritanya di bukit itulah Suyudana di makam kan.

Cerita sejarah di daerah sempor juga tak sekedar itu yong notabene seperti hanya dongeng belaka tapi ada juga cerita di masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga masa pemberontakan PKI. Salah satu cerita tentang masa penjajahan belanda adalah saat sorang pahlawan yang telah gugur di makamkan di bukit kedoya, dan ceritanya makam pahlawan tersebut sempat di bongkar setelah di bongkar ternyata jasad pahlawan tersebut masih utuh hingga makamnya di pindahkan di tempat pemakaman umum yang biasa. Ada pula kisah tentan warga pribumi yang menjadi mata – mata belanda yang bertugas memata – matai keberadaan pejuang indonesia. Dan lambat laun mata – mata tersebut tercium tingkah kejahatannya hingga mendapat hukuman tembak mati di liang yang di persiapkan khusus untuk tempat eksekusi mati mata – mata tersebut.

Sebenernya masih banyak kisah sejarah yg di ceritakan oleh bapak saya tadi siang, tapi kalo saya ceritakan satu per satu capek saya sob soalnya ngetiknya pake HP hehehehe…. Jadi mungkin hanya itu yang bisa saya bagi malam ini semoga berkenan ya sob terimakasih… Ternyata cerita sejarah asik loh sob…
Wassalamualaikum Wr.wb





Kembali Menyapa

23 01 2014

Assallamualaikum wr.wb
Selamat malam kawan, apa kabar dunnia blogger? Setelah sekian lama gak ngeposting tulisan di blog ini. Akhirnya pagi tadi. Kembali menuangkan isi kepala ke lembaran berikutnya di blog penuh angan ini. Perasaan senang pun datang menghampiri. Gimana gak seneng bertahun – tahun. Gak nulis di blog akhirnya ke sampaian lagi ngeposting tulisan. Beneran mrenges mulu saya…. 😀
Sebenernya dalam beberapa tahun terakhir saya tidak aktif di duniaa blogger pasti ada alasannya. Alasan utamanya adalah males hehehe… *alasan yang konyol* tapi pada dasarnya semua pekerjaan gak di kerjakan ya karena faktor utamanya adalah malas. karena sebenarnya sesibuk apapun pekerjaan kita untuk sekedar ngeposting tulisan di blog pasti sangatlah bisa dengan catatan hindari rasa malas. Bener nggak saya? Heheheehe…
Oleh sebab itu dengan kembali bergairahnya saya untuk membuat tulisan di blog ini semoga mampu kembali aktif di duniia per bloggeran, meski hanya sekedar ber cerita tentang kehidupan yg ada di duniaa.
Mungkin segitu dulu sapaan saya di malam ini ya sob, sebelumnya maaf belum bisa berkunjung ke blogg kalian maklum sob sekarang saya posting saja hanya lewat HP hehehe… Yang jelas semoga selalu ada semangat untuk terus menghidupi blog Angan Polos ini amiiiiiin…
Sekian, Wassallamualikum Wr.wb