Ngobrol Sejarah

25 01 2014

Selamat malam kawan,
Soal sejarah, di indonesia sangatlah kaya akan sebuah sejarah, mulai dari masa purba, kerajaan hingga masa reformasi juga udah masuk ke sejarah kali ya? *nggak yakin*. Hehehe….

Ngomong – ngomong soal sejarah saya ingin berbagi cerita masalah sejarah yang ada di daerah tempat tinggal saya Desa sempor, Kabupaten Kebumen. Sebenernya ini gara – gara tadi siang setelah gempa 6,2SR yang berpusat di laut selatan kab. Kebumen saya jadi ngobrol sejarah bareng bapak saya.

Awal mula ngobrolin gempa trus menjalar ngobrolin waduk sempor yang berada di dataran tinggi desa sempor lebih tepat posisinya berada di sebelah atas rumah saya. Dan kabar terkini entah itu isu atau benar bahwa waduk sempor mulai mengalami keretakan, makannya kalo ada gempa kayak tadi siang jadi parno sob, takut jebol se waktu – waktu.

Menurut cerita dari bapak saya waduk sempor dulunya adalah sebuah pemukiman penduduk yang kemudian di bangun menjadi sebuah bendungan. Menurut cerita waduk tersebut ada juga sudah ada prediksi dari orang – orang dulu cuma menggunakan istilah yang sedikit menggelitik menggunakan bahasa jawa di antaranya adalah ” iwak sepat mangan wit krambil ” yang artinya ( ikan sepat makan pohon kelapa ) dan hal tersebut jika di nalarkan dengan kenyataan maka akan memiliki arti bahwa pemukiman yang banyak pohon kelapanya akan di penuhi oleh air dan akan terdapat banyak ikan yang mencari makan di dalamnya. Seperti keadaan sekarang pemukiman tersebut sudah menjadi sebuah waduk yang terdapat banyak ikan di dalamnya.

Jujur saya kadang geli bila mendengar cerita – cerita seperti itu tapi pada kenyataannya bila di hubungkan dengan pengartian yg tepat maka ungkapan seperti itu emang terjadi dan tepat. Sebenarnya banyak cerita – cerita sejarah lagi di. Daerah saya ini, ada juga cerita tentang peperangan antara tokoh ramayana Werkudara dan Suyudana yang saling melempar batu dalam peperangan yang pada akhirnya di ceritakan Suyudana lah yang mengalami kekalahan. Makanya di daerah sempor terdapat bukit yang berbatu sangat besar yang di namakan batu kedoya ceritanya di bukit itulah Suyudana di makam kan.

Cerita sejarah di daerah sempor juga tak sekedar itu yong notabene seperti hanya dongeng belaka tapi ada juga cerita di masa penjajahan Belanda dan Jepang hingga masa pemberontakan PKI. Salah satu cerita tentang masa penjajahan belanda adalah saat sorang pahlawan yang telah gugur di makamkan di bukit kedoya, dan ceritanya makam pahlawan tersebut sempat di bongkar setelah di bongkar ternyata jasad pahlawan tersebut masih utuh hingga makamnya di pindahkan di tempat pemakaman umum yang biasa. Ada pula kisah tentan warga pribumi yang menjadi mata – mata belanda yang bertugas memata – matai keberadaan pejuang indonesia. Dan lambat laun mata – mata tersebut tercium tingkah kejahatannya hingga mendapat hukuman tembak mati di liang yang di persiapkan khusus untuk tempat eksekusi mati mata – mata tersebut.

Sebenernya masih banyak kisah sejarah yg di ceritakan oleh bapak saya tadi siang, tapi kalo saya ceritakan satu per satu capek saya sob soalnya ngetiknya pake HP hehehehe…. Jadi mungkin hanya itu yang bisa saya bagi malam ini semoga berkenan ya sob terimakasih… Ternyata cerita sejarah asik loh sob…
Wassalamualaikum Wr.wb





Kembali Menyapa

23 01 2014

Assallamualaikum wr.wb
Selamat malam kawan, apa kabar dunnia blogger? Setelah sekian lama gak ngeposting tulisan di blog ini. Akhirnya pagi tadi. Kembali menuangkan isi kepala ke lembaran berikutnya di blog penuh angan ini. Perasaan senang pun datang menghampiri. Gimana gak seneng bertahun – tahun. Gak nulis di blog akhirnya ke sampaian lagi ngeposting tulisan. Beneran mrenges mulu saya…. 😀
Sebenernya dalam beberapa tahun terakhir saya tidak aktif di duniaa blogger pasti ada alasannya. Alasan utamanya adalah males hehehe… *alasan yang konyol* tapi pada dasarnya semua pekerjaan gak di kerjakan ya karena faktor utamanya adalah malas. karena sebenarnya sesibuk apapun pekerjaan kita untuk sekedar ngeposting tulisan di blog pasti sangatlah bisa dengan catatan hindari rasa malas. Bener nggak saya? Heheheehe…
Oleh sebab itu dengan kembali bergairahnya saya untuk membuat tulisan di blog ini semoga mampu kembali aktif di duniia per bloggeran, meski hanya sekedar ber cerita tentang kehidupan yg ada di duniaa.
Mungkin segitu dulu sapaan saya di malam ini ya sob, sebelumnya maaf belum bisa berkunjung ke blogg kalian maklum sob sekarang saya posting saja hanya lewat HP hehehe… Yang jelas semoga selalu ada semangat untuk terus menghidupi blog Angan Polos ini amiiiiiin…
Sekian, Wassallamualikum Wr.wb





“Iyalah Percaya Kamu Kan Lulusan Sarjana”

23 01 2014

Inilah kata – kata yang sering saya dapat ketika sedang berdebat dengan teman dan dia mulai terpojok. Sejujurnya saya sangat risih jika mendengar kata – kata seperti itu, bukan tanpa alasan, karena menurut saya kepandaian maupun pemikiran seseorang tidak dapat di ukur dari seberapa tinggi dia mengenyam pendidikan jika itu sebuah ukuran saya pikir itu salah besar.
Bila di pikir secara logika kepandaian seseorang hanyalah di keranekan terbiasa melakukan kegiatan yang harus biasa di lakukan. Sebagai contoh : Seorang guru pada waktu pertama kali mengajar akan membaca buku sebagai pedoman dalam mengajar muridnya, tapi seorang guru akan mampu mengajar tanpa menggunakan pedoman buku tersebut setelah mengulang – ulang pelajaran tersebut di beberapa kelas yang ada.
Hal seperti itulah yg mmbuat alasan mengapa saya sering jengkel kalo sedang berdebat masalah kata – kata di katakan “iyalah percaya kamu kan lulusan sarjana”. Saya tegaskan saya bukan sarajana, tapi saya mengucapkan kata penuh dengan aturan karena lebih untuk menjaga perasaan orang lain karena terbiasa, jadi bukan karena saya seorang sarjana.
Jadi mari rubah pemikiran kita bahwa kepandaian seseorang itu tidak dapat di lihat dari seberapa tinggi pendidikan yang di tempuh oleh orang tersebut. Lagian seorang dokter belum tentu bisa melakukan pekerjaan seorang tukang tambal ban, begitu pula sebaliknya.
*Salam Semangat*





Update oh update

16 11 2012

And I’m back, berbulan – bulan aku tak pernah menjamah rumahku ini, entah memang otak lagi buntu atau memang diriku saja yang sedang malas untuk menulis, kadang memang terasa sangat kangen untuk menorehkan tulisan di rumahku ini, tapi memang kadang aktifitas juga yang tak memungkinkan untuk menulis, jujur saja kawan setiap inspirasi dalam menulisku mungkin tidak seperti kalian yang bisa menulis kapan saja dan di mana pun, tetapi inspirasi saya  sering datang malam hari saat sunyi datang saat suara alam berdendang di situlah datang bisikan angan yang aku torehkan dan tentunya di situlah letak waktu yang benar – benar luang hhe…. 😀

Saat ada sebuah pertanyaan kok gak pernah apdet ? sering aku menjawab waktu tidurku malam hari sekarang telah di tentukan, bukan karena tanpa sebab, itu harus saya lakukan karena sebuah tuntutan untuk harga mahal sebuah kesehatan, yah sekarang saya tengah menjalankan sebuah terapi kesehatan yang menuntut badan untuk tidak terlalu lelah dalam beraktifitas.

Jadi dalam waktu ini saya ingin meminta maaf untuk kalian kawan, mungkin sekarang saya juga jarang mengunjungi rumah kalian, Terus semangatlah menulis kawan.

” SALAM SEMANGAT “





Please Visit

2 02 2012

Let’s Share

Kunjungi blogg saya juga, Klik Let’s Share